Teks Eksposisi Siswa Indonesia Juara Olimpiade Iptek Dunia



Teks Eksposisi Siswa Indonesia Juara Olimpiade Iptek Dunia

Olimpiade Iptek Internasional, International Sustainable World Energy, Engineering & Environment Project Olympiad yang diselenggarakan di Houston, Amerika Serikat pada 3 – 6 Mei 2012. Dan banyak siswa Indonesia yang menang dalam ajang ini. Enam siswa dari Indonesia memboyong medali perak dan perunggu. Pasangan Aristyo Rizka Darmawan dan Fuad Makarim Imran dari SMA Kharisma Bangsa, Banten, meraih medali perak pada kategori Lingkungan Hidup. Proyek penelitian mereka berjudul "Menggunakan Chitosan dan Pewarna Alam sebagai Bahan Baku Modifikasi Permukaan Tekstil".

Chitosan merupakan modifikasi senyawa chitin yang banyak terdapat pada hewan golongan Crustaceae. Limbah kulit udang dan kepiting ini mengandung bahan antibakteri. Secara kreatif dua pelajar Banten ini memanfaatkan untuk industri garmen. Sebelum bertanding dalam olimpiade ini, tim dari Indonesia telah menguji diri pada perlombaan Iptek tingkat nasional.

Pada Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) di Universitas Indonesia, tim SMA Karisma Bangsa dan SMA Laurtensia masing-masing meraih medali emas. Tim dari SMA Al-Kautsar, Lampung memenangkan medali perak.

Teks berjudul “Siswa Indonesia Juara Olimpiade Iptek Dunia” terdiri atas beberapa bagian, yakni bagian tesis yang merupakan pendapat atau opini, bagian argumentasi atau alasan yang merupakan isi, dan bagian penegasan ulang yang merupakan bagian penutup, seperti di bawah ini.
Struktur TeksParagraf
TesisSiswa Indonesia sangat berprestasi. Prestasi itu telah dibuktikan oleh siswa Indonesia yang meraih medali pada kategori Lingkungan Hidup. Prestasi itu diraih di antaranya oleh siswa yang berasal dari sekolah siswa SMA Kharisma Bangsa, Banten. Prestasi yang diraih siswa Indonesia itu telah diuji lebih duhulu di tingkat nasional.
ArgumentasiAda beberapa keunggulan dari penelitian yang dilakukan itu. Penelitian yang mereka lakukan adalah mengelola limbah hewan yang terdapat pada kulit udang dan kepiting yang mengandung bahan anti bakteri. Pada saat menyajikan hasil penelitiannya di depan dewan juri, kedua siswa Indonesia ini mendapat pujian. Metode penelitiannya oleh para juri sudah dinilai baik. Di samping itu, idenya juga dianggap orisinal dan hasil penelitiannya mudah diaplikasi. Kedua siswa itu secara kreatif memanfaatkannya untuk industri garmen. Kreativitas yang dilakukan tinggi.
PenegasanMenangnya siswa Indonesia di tingkat internasional ini menjadi bukti bahwa siswa Indonesia mempunyai prestasi yang tinggi
Bacalah kembali teks “Siswa Indonesia Juara Olimpiade Iptek Dunia” yang sudah kamu susun itu! Setelah itu, buatlah ringkasan dari teks tersebut dalam satu paragraf!

Siswa Indonesia sangat berprestasi pada kategori lingkungan hidup. Prestasi yang diraih tersebut telah diuji pada tingkat nasional. Penelitian yang mereka lakukan adalah mengelola limbah hewan. Metode penelitiannya dinilai baik, idenya dianggap orisinal, dan hasil penelitiannya mudah diaplikasi. Bukti bahwa siswa Indonesia mempunyai prestasi yang tinggi.

Mengenal Unsur Kebahasaan
A. Kalimat Tunggal. Kalimat tunggal hanya terdiri atas satu subjek, satu predikat, dan objek atau keterangan (jika ada).

Contoh:
Ratna
berteman
dengan Susi
SubyekPredikatKeterangan

Unsur – unsur Kalimat Tunggal yaitu inti suatu kalimat dibentuk subjek, predikat, objek dan pelengkap.
  1. Predikat adalah penjelasan tentang pokok kalimat
  2. Objek adalah hal, perkara, atau orang yang dikenai pekerjaan
  3. Keterangan adalah  kata atau kelompok kata untuk menerangkan sesuatu atau bagian kalimat yang lain.
Jenis – jenis Kalimat Tunggal antara lain sebagai berikut.
  1. Kalimat Nominal. Kalimat nominal adalah kalimat yang predikatnya bukan merupakan kata kerja melainkan kata benda, kata sifat, kata bilangan, kata ganti atau kata keterangan. Susunan kalimat nominal sama dengan kalimat verbal. Namun yang membedakan hanyalah predikatnya saja yang bukan kata kerja. Contoh : Wawan makan  pisang yang enak (S+P+O+Pelengkap)
  2. Kalimat verbal adalah kalimat yang predikatnya merupakan kata kerja (Verb). Kalimat Verbal minimal memiliki susunan S P. Namun bisa juga ditambahkan dengan unsur lain seperti objek (O), pelengkap (Pel) dan juga keterangan (K).Contoh : Susan makan nasi di warung ( S + P + O + K. tempat )
Perluasan Kalimat Tunggal
Unsur – unsur kalimat tunggal dapat diperluas. Perluasan kalimat tunggal dapat dilakukan dengan cara berikut.
  1. Menambahkan unsur baru di samping unsur yang telah ada. yakni Keterangan.
  2. Memperluas unsur – unsur yang telah ada.

B. Kalimat Majemuk. Unsur kalimat majemuk terdiri atas satu subjek atau lebih dan dua predikat atau lebih. Kalimat itu dapat ditambah objek dan keterangan jika diperlukan.

Jenis – jenis Kalimat Majemuk
  • Kalimat majemuk setara. Kalimat majemuk setara adalah kalimat majemuk yang hubungan antara unsur – unsurnya bersifat setara atau sederajat.
  • Kalimat majemuk rapatan. Kalimat majemuk rapatan adalah kalimat majemuk setara yang bagian – bagiannya dirapatkan.
  • Kalimat Majemuk bertingkat. Kalimat Majemuk bertingkat adalah kalimat yang hubungan antara unsur-unsurnya tidak sederajat.
  • Kalimat majemuk campuran. Kalimat majemuk campuran adalah gabungan antara kalimat campuran, sekurang – kurangnya dibentuk tiga kalimat tunggal.
Contoh:
Ratna
berbaju
putihdan
temannya
berbajumerah
Subyek 1Predikat1Pelengkap 1KonjungsiSubyek 2Predikat 2Pelengkap 2

Teks Eksposisi Siswa Indonesia Juara Olimpiade Iptek Dunia,ringkasan teks siswa indonesia juara olimpiade iptek dunia,bacalah dan cermatilah kembali teks siswa indonesia juara olimpiade iptek dunia,contoh teks eksposisi tentang siswa berprestasi,urutan teks yang berjudul siswa indonesia juara olimpiade iptek dunia berikut ini tidak beraturan,apakah kamu setuju dengan pernyataan bahwa dalam olimpiade tingkat dunia itu,mengurutkan unsur teks eksposisi,sebutkanlah struktur teks eksposisi itu dengan menandai bagian tesis argumentasi dan penegasan ulang,carilah teks gurindam lainnya dari berbagai sumberopini teks menjual sembari menjaga nirwana,menjual sembari menjaga nirwana,setujukah kalian bahwa penulis teks tersebut ingin mengemukakan pendapatnya,ciri kebahasaan teks editorial,argumentasi apa saja yang dikemukakan oleh penulis dalam teks menjual sembari menjaga nirwana,kalimat opini di teks editorial menjual sembari menjaga nirwana,segi kebahasaan teks editorial,setujukah kalian bahawa penulis teks menjual sembari menjaga nirwana ingin mengemukankan pendapat nya dalam teks opini / editorial,apakah objek wisata apa sajakah yg ada di daerah kalian?,struktur teks opini menjual sembari menjaga nirwana,analisis teks editorial perekonomian indonesia memperhatinkan,menginterprestasikan fungsi sosial teks opini,teks "menjual sembari menjaga nirwana" adalah,jelaskan bagaimana cara penulisan teks mengungkapkan tujuannya melalui teks opini/editorial pada teks " menjual sembari menjaga nirwana",setujukah kalian dengan pernyataan : resor tumbuh menjamur, tetapi konstribusi mereka kepada ekonomi daerah amat minimal,argumentasi dari teks menjual sembari menjaga nirwana,contoh negosiasi tentang pindah sekolah,struktur teks opini dalam teks menjual sembari menjaga nirwana,ciri kebahasaan apa yang kalian temukan dalam iklan mari berhemat listrik cukup10w/jam,materi memproduksi teks opini /editorial secara bersama,pandangan penulis dalam pernyataan pendapat tentang menjual sembari menjaga nirwana,menemukan kata kerja relasional yang menunjukkan hubungan sebab akibat dalam teks yang sama,kalimat utama dalam menjual sembari menjaga nirwana,menganalisis struktur dan kaidah teks opini '' menjual sembari menjaga nirwana,tulis adverbia dalam teks menjual sembari menjaga nirwana,sebagai alat untuk menyampaikan informasi, iklan diharapkan,ciri kebahasaan teks opini tentang baik dan benar,apakah masih banyak tempat wisata yang memang belum terjamah oleh pemerintah,teks opini yang berjudul menjual sembari menjaga nirwana,bandingkan dengan permasalahan yang terlihat pada novel nyanyi sunyi dari indragiri,perbedaan teks opini " sembari menjaga nirwana" dengan "tentang baik dan benar",jelaskan peta jaringan perdagangan pada masa sriwijaya dan majapahit,dialog negosiasi tentang pindah sekolah,setujukah kalian dengan pernyataan: resor tumbuh menjamur tetapi konstribusi merekakepada ekonomi daerah amatminimal,langkah langkah menganalisis teks eksplanasi kompleks dari ciri kebahasaan,menganalisis teks opini tentang baik dan benar,pernyataan pendapat dari teks menjual sembari menjaga nirwana,klik gugel,persamaan dan perbedaan teks editorial dan teks opini,setujukan kalian bhwa penulis teks tersebut ingin mengemukakan pndptnya teks menjual sembari menjaga nirwana,teks eksposisi tentang teknologi tepat guna dan pemberdayaan ekonomi masyarakat,menganalisis fungsi sosial teks opini,hubungan sebab akibat yang kemudian terjadi pada kehidupan masyarakat di bali dengan adanya subak,carilah berbagai akronim yang telah dikembangkan dalam bahasa indonesia. buatlah contoh kalimat yang mrngandung akronim tersebut,tempat wisata yang memang belum terjamah, baik oleh pemerintah maupun penduduk setempat,contoh memproduksi teks opini/editorial tema sosial,data-data untuk teks opini,bagaimana cara mengeksplorasi gagasan dan argumentansi dalam menulis teks editorial,teks opini/editorial tentang baik dan benar
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Teks Eksposisi Siswa Indonesia Juara Olimpiade Iptek Dunia

0 komentar:

Post a Comment